Apa itu Filsafat?

2 02 2007

prez_takingbayat.jpg Memberikan rumusan yang pasti tentang apa yang termuat dalam kata “filsafat” adalah suatu pekerjaan yang terlalu berani dan sombong! Saya ingin mulai dari sini. Memang, para peminat filsafat, kita sulit mendefinisikan kata yang satu ini. Bahkan para filsuf (ahli filsafat) pun mengakuinya. Apa yang membuatnya demikian adalah oleh karena terdapatnya beragam-ragam paham, metode dan tujuan, yang dianut, ditempuh dan dituju oleh masing-masing filsuf. Namun, sebuah pengertian awal mesti diberikan; maksudnya sebagai kompas agar kita tidak tersesat arah di dalam perjalanan memahami filsafat. Mengingat maksud ini, maka pengertian tersebut haruslah bersifat dapat dipahami sebanyak-banyak orang, sehingga dapat dijadikan tempat berpijak bersama.

Baiklah kita menilik dahulu kata “filsafat” ini dari akar katanya, dari mana kata ini datang. Kata “filsafat” berasal dari bahasa Yunani, philosophia: philein artinya cinta, mencintai, philos pecinta, sophia kebijaksanaan atau hikmat. Jadi filsafat artinya “cinta akan kebijaksanaan”. Cinta artinya hasrat yang besar atau yang berkobar-kobar atau yang sungguh-sungguh. Kebijaksanaan artinya kebenaran sejati atau kebenaran yang sesungguhnya. Filsafat berarti hasrat atau keinginan yang sungguh akan kebenaran sejati. Demikian arti filsafat pada mulanya.

Dari arti di atas, kita kemudian dapat mengerti filsafat secara umum. Filsafat adalah suatu ilmu, meskipun bukan ilmu vak biasa, yang berusaha menyelidiki hakikat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran. Bolehlah filsafat disebut sebagai: suatu usaha untuk berpikir yang radikal dan menyeluruh, suatu cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya. Hal yang membawa usahanya itu kepada suatu kesimpulan universal dari kenyataan partikular atau khusus, dari hal yang tersederhana sampai yang terkompleks. Filsafat, “Ilmu tentang hakikat”. Di sinilah kita memahami perbedaan mendasar antara “filsafat” dan “ilmu (spesial)” atau “sains”. Ilmu membatasi wilayahnya sejauh alam yang dapat dialami, dapat diindera, atau alam empiris. Ilmu menghadapi soalnya dengan pertanyaan “bagaimana” dan “apa sebabnya”. Filsafat mencakup pertanyaan-pertanyaan mengenai makna, kebenaran, dan hubungan logis di antara ide-ide dasar (keyakinan, asumsi dan konsep) yang tidak dapat dipecahkan dengan ilmu empiris. Philosophy: Inquiry into the nature of things based on logical reasoning rather than empirical methods (The Grolier Int. Dict.). Filsafat meninjau dengan pertanyaan “apa itu”, “dari mana” dan “ke mana”. Di sini orang tidak mencari pengetahuan sebab dan akibat dari suatu masalah, seperti yang diselidiki ilmu, melainkan orang mencari tahu tentang apa yang sebenarnya pada barang atau masalah itu, dari mana terjadinya dan ke mana tujuannya. Maka, jika para filsuf ditanyai, “Mengapa A percaya akan Allah”, mereka tidak akan menjawab, “Karena A telah dikondisikan oleh pendidikan di sekolahnya untuk percaya kepada Allah,” atau “Karena A kebetulan sedang gelisah, dan ide tentang suatu figur bapak membuatnya tenteram.” Dalam hal ini, para filsuf tidak berurusan dengan sebab-sebab, melainkan dengan dasar-dasar yang mendukung atau menyangkal pendapat tentang keberadaan Allah. Tugas filsafat menurut Sokrates (470-399 S.M.) bukan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam kehidupan, melainkan mempersoalkan jawaban yang diberikan.

Sampai dengan kedua pengertian di atas, marilah kita simak apa kata Kattsoff (1963) di dalam bukunya Elements of Philosophy untuk melengkapi pengertian kita tentang “filsafat”:

* Filsafat adalah berpikir secara kritis.
* Filsafat adalah berpikir dalam bentuk sistematis.
* Filsafat harus menghasilkan sesuatu yang runtut.
* Filsafat adalah berpikir secara rasional.
* Filsafat harus bersifat komprehensif.

About these ads

Actions

Information

31 responses

15 02 2007
Suluh

bagi saya:

Filsafat adalah problem diri (dalam arti paling singkat) sebagai suatu upaya untuk memahami dunia dan diri sendiri. Demikianlah filsafat dalam benak dan proses saya.

Salam Kenal penuh Senyuman :)

15 02 2007
rani

filsfafat sebuah nama dan realitas yang jarang disadari oleh manusia ….. manusia sadar saat dia terpikir
co gito ergosum…..
rumit, sulit namun menantang, satu kata banyak makna……. seperti sufisme realita tanpa sebuah nama……..

3 03 2007
M Shodiq Mustika

Filsafat adalah…… (Wah, merumuskan definisinya saja sudah tergolong berfilsafat. Makanya, bisa saya maklumi mengapa definisinya banyak sekali.)

3 06 2007
erwin

Filsafat:
Ketika Kita ingin mendefinisikan Filsafat dengan pengertian yg sempurna yg pasti or paten, maka ini bukan hal yg mudah, saya setuju men dengan ungkapan anda terlalu sombong untuk merumuskan kalimat filsafat secara pasti.
Kenapa demikian?Why..?
Hal ini dikarenakan dua Alasan;
1.Penertian Filsafat berbeda satu dengan yg lain sesuai dengan Era dimana Filsafat itu berkembang, filsafat yg berkembang di Zaman Yunani ofcourse berbeda dengan Filsafat yg berkembang pada pertengahan abad dan begitu juga yg berkembang pada Era Baru.
2.Pengertian Filsafat berbeda seiring berbedanya Mazhab-mazhab Filsafah.mazhab yg satu berbeda dengan Mazhab yg lain…

dan penyebab dari perbedaan pengertian filsafat itu sendiri adalah karena Mazhab-mazhab filsafat memiliki perbedaan dalam Pokok pembahasannya….:)

4 06 2007
danalingga

Filsafat dalam term saya adalah pencarian hakikat dari sesuatu. :D

17 09 2007
viky

filsafat itu bikin pusing…………gak tau maksut na

tp setelah say baca buku pengantar filsafat yang dikarang oleh
LOUIS O.KATTSOFF
ternyata filsafat itu luas dan butuh yang tu bertahun2 unk mempelajari itu semua

tp menurut saya filsafat adalah sebuah pemikiran yang bisa dimengerti oleh orang lain dan kita juga sendiri……

dan sampai sekarang pun say masih mencari2 ap itu filsafat

jadi tolong bantu aq ap itu filsafat yang sesungguhnya

18 10 2007
the_scient_1st

filsafat adalah keegoisan seseorang akan sesuatu hal yang ia sukai…
setiap manusia pasti tahu apa yg baik dan apa yg buruk yg dapat ia lakukan, dan pilihan itulah yg menjadi filsafat dalam dirinya dan berpengaruh buat orang lain. baik ato buruk semua tergantung sesuatu yang bersifat mayoritas…

1 11 2007
chotek

seandainya 2 orang filsafat bertemu dengan satu misi itu ga akan ketemu jalan keluarnya,walupun sebenarnya 1 misi,yang di karenakan 2 pendapat yang berbeda dan seorang filsafat selalu membenarkan konsep yang dya pake…..it filsafat konsep….

27 12 2007
Billy Adrian Gani

Filsafat adalah guru ilmu dari segala ilmu.
Setiap cabang ilmu lahir dari bibit filsafat. Para nabi dan ahli bijak selalu berfilsafat sebelum mereka menemukan hakikat dari ilmu itu sendiri. Oleh sebab itu kita harus bertanya kepada diri kita dahulu Apa, Mengapa, Dimana, dan Kapan kita harus mempelajari “ILMU”. katakanlah kita belajar MATEMATIKA, tanyalah pada diri kita Apa itu matematika? Mengapa matematika? Dimana matematika? Kapan Matematika?. seorang ahli matematika tetapi ia tidak tahu sebelum matematika itu apa, saya rasa ia baru setengah jadi untuk berfilsafat. ketahuilah segala sesuatu dari bawah akarnya, karena batang, cabang , daun dan buah gampang terindrai tapi dibawah akar sulit. itulah maksud saya dari filsafat sabagai ilmu dari segala ilmu.

21 02 2008
Lista

filsafat adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dengan berfikir secara tepat(logis, sistematis, koheren,dll) untuk mendapatkan kebenaran yang hakiki.setidaknya ini yang saya fahami setelah mempelajari konsep filsafat didalam kelas…..
namun, saya ingin sedikit berpendapat bahwa filsafat bisa dilakukan oleh siapa saja, terkecuali bagi orang-orang yang ingin mendalaminya harus memiliki keimanan dan prinsip akidah yang benar dan kuat.

20 04 2008
el habib

filsafat adalah pola pikir yang gak ada ujung pangkalnya….

18 07 2008
Dest

Aku penasaran dgn filsafat,aku blm tau ttg filsafat,jadi aku masuk fakultas filsafat ugm thn 08…(g penting bgt y,hehehe)

30 10 2008
LILIS A. UTAMI

Menurut aku,Filsafat itu adalah Pengetahuan yang unik, dan filsafat adalah ilmu yang praktis,karna sadar atau tidak, apabila kita dapat berpikir dengan akal sehat dan dapat menyelesaikan suatu problem dalam hidup.Maka kita telah berfilsafat.Wassalam

16 03 2009
Darellia

filsafat itu adalah berfikir akan kebenaran. tetapi tidak semua berfikir itu adalah filsafat, berfikir yang dikatakan filsafat itu adalah yang memenuhi kriteria sebagai berikut :
1. adanya objeknya;
2. objeknya tertentu;
3. terus-menerus;
4. sungguh-sungguh;
5. final
6. ada hasil.
sedangkan kebenaran itu sendiri terbagi tiga yaitu:
1. kebenaran ilmu; yaitu adalah kebenaran yang dapat ditelaah atau di tinjau melalui eksperimen tentang kebenaran tersebut. tetapi tidak pernah final.
2. kebenaran filsafat; yaitu kebenaran yang hampir sama dengan kebenaran ilmu namun memiliki kedudukan yang lebih tinggi, karena dukungan para ahli, tidak pernah final karena dapat diubah dengan filosof baru.
3. kebenaran wahyu; yaitu kebenaran yang mutlak, karena tidak dapat dibantah ketika dalam penelitian tidak sama dengan kebenaran wahyu itu, hal ini dikarenakan peneliti itulah yang belum paham akan kebenaran itu

17 04 2009
calon_Akhwat

filsafat adalah bahasan singkat dan mendalam tentang keberadaan :)

2 05 2009
Aryo kusumo

Filsafat itu kbnaran haqiqi
Hakikat sswtu ttg sswtu i2 ada,
Filsafat i2 ilmu bkn k0mersil,bkn ilmu praktis yg tk prlu diajarkan utk cari khdupan yg mapan.
Mw kaya mw mapan blajar ilmu praktis saja ky pngmbngan diri,dsb

5 05 2009
iwa

numpang lewat ah,

sebelumnya maaf ketika saya baca wordpress ini, keadaan saya lagi sedang galau. hehehehe…

mengacu pada kegalauan saya, saya berpendapat kalau filsafat itu suatu sikap terhadap hidup atau kehidupan dan alam semesta.

dan satau saya pemahaman atas filsafat itu sendiri bisa beragam. hal itu dikarenakan mungkin kita tidak memiliki “kebenaran mutlak” dalam konteks berpikir. maka dari itu kita berfilsafat untuk mencari kebenaran. baik kebenaran yang plural, hipotetika dan rasional…

oiya, buat kaka-kaka diatas keren-keren.

2 09 2009
dealY

aq bingung arti filsafat tu apa…???
aq ada tugas utk klian…
aq juga ada tugaz kuliah..
jady mohon bantuannya….

25 05 2010
Zanan

Upayah untuk mempelajari dan mengungkapkan pengembaraan manusia di dunianya menuju akhirat secara mendasar, ku rasa itulah Filsafat.

4 06 2010
bilabanget :)

wah keren keren :-bd
hmm jd interst buat tau lebih jauh dan lebih dalam lagi deh ;)
thankss a lot yahh buat yg uda sharing dan bagi-bagi ilmu nya disini =D

26 08 2010
abdie

filsapat adalah keyakinan seseorang Terhadap apa yg tak bs di terima oleh logika kt sbgai manusia..

28 10 2010
suci

hmmm…menurut ku filsafat ituuu… hmmm…. menurut ku filsafat itu aku juga ga tau…kwkwkwkw :p eh aku ada tugas,jd bingung banyak bgt artinya >o<

28 10 2010
suci

hehehehe (=^_^=)V

27 12 2010
mull

filsafat pandangan batin & jiwa dari sesuatu yang dirasakan. begitu luasnya kekuasan penguasa ilmu. sehingga filsuf tak cukup waktu untuk menulis dan menyimpan keindahan ilmu kebijakan.
Islam telah mengajarkan fisafat dari kisah Nabi Khidir & Nabi Musa.

28 12 2010
EL LOCO

HMHM APA YA?

20 02 2011
mudy

akU ingin tahu apa itu filsafat ..

9 06 2011
nita

filsafat…ehmmm….bingung…susah2 gampang tapi pengen c belajar lebih dalam tentANG FILSAFAT…gimana y caranya mudah memahami filsafat???

17 08 2011
demihelnasisya

mungkin filsafat sebuah kata atau kalimat yang begitu banyak/mendalam ma,na dan artinya,,,,,,seperti kata mutiara ??????

bumi terlihat besar dari manusia tp hakekatnya bumi lebih kecil dari manusia bumi di injak manusia…..orang semakin terus mengejar dunia sampai melupakan yg memberinya,,,,,,perkecil mencari dunia perbesar iman kepada pencipta

30 09 2011
Febrian Wira Mertotaruno

aduh yg bener arti filsafat itu apaaaaaa???

24 01 2012
candra perkasa

Ass.

saya ingin berpendapat sedikt tntg filsafat,
filsafat sangat erat dengan agama dan ideologi akan tetapi ideologi belumlah sesempurna filsafat karena masih dalam bentuk keegoisan manusia maka untk menyempurnakan ideologi itu terciptalah yang namanya filsafat, setelah keduanya ada barulah kita tahu dan yakin akan agama dngn sebenar-benarnya, karena agama jika tdk dilandasi dengan ideologi dan filsafat maka agama itu hanya sebentar dan sebaliknya.
filsafat itu sendiri yaitu berfikir dengan menggunakan akal rasional dengan mengedepankan hati nurani dan kebijaksanaan tanpa mengedepankan ke egoisan.

1 05 2012
Billy G

Filsafat, ilmu yg menjelaskan tentang pendapat yg dasarnya adalah fakta dan semua bisa di jelaskan atau di definisikan olehnya… Tp ilmu filsafat hanya bisa menerka, bahkan filsuf pun hanya bisa memberikan pendapat saat pertanyaan ini muncul; Apa tujuan hidup MANUSIA?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: